5 Aplikasi MindMap Powerfull dan Gratis



Mind map merupakan sebuah tool yang diciptakan oleh Tony Buzan sebagai medium untuk membantu kita menjabarkan ide-ide pada secarik kertas. Pada perkembangannya, teknik Mind Mapping ini menarik banyak orang untuk menyebarkannya di seluruh dunia, tak terkecuali para developer piranti lunak komputer. Mereka banyak membuat aplikasi Mind Map ini.
Berikut beberapa aplikasi Mind Map yang berguna dan bisa anda unduh dengan bebas:
1. Freemind
Proyek dari sourceforge.net ini merupakan program yang sagat simpel. Walaupun memiliki tampilan yang sederhana dan terkesan kurang menarik, Freemind cukup mampu untuk membuat peta pikiran sederhana yang nanti bisa kita bagikan ke rekan atau kolega melalui email. Freemind bisa anda unduh disini
2. Bubl.us
Jika anda malas untuk melakukan instalasi software ke dalam komputer anda, Bubl.us merupakan alternatifnya. Cukup membuka browser dan mengarahkan ke alamat www.bubl.us anda bisa menciptakan mind map anda dimanapun dan kapanpun selama ada akses internet.
3. Mindmeister
Masih kurang puas dengan fitur-fitur dari Bubl.us? jangan khawatir, anda bisa mencoba alternatif aplikasi mind map berbasis web lainnya. Mindmeister bisa jadi aplikasi pilihan. Anda bisa membuat 3 mind map untuk versi gratisnya dan jika anda merasa puas, anda bisa berlangganan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Mindmeister juga menyediakan untuk aplikasi iPhone.
4. Freeplane
Aplikasi ini merupakan pengembangan dari Freemind. Dengan tambahan beberapa fitur, freeplane merupakan alternatif bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan freemind. Aplikasi ini bisa di dapatkan disini.
5. Mapul
Mapul merupakan aplikasi web based lainnya. Keunggulan aplikasi ini adalah tampilan yang menyerupai iMindMap, aplikasi official dari Tony Buzan. Bagi anda pengguna iMindMap, tak ada salahnya mencoba aplikasi ini. Cukup arahkan browser anda ke alamat http://www.mapmyself.com/ dan buatlah peta pikiran anda sendiri.
Itulah beberapa aplikasi MindMap yang tersedia gratis yang bisa anda manfaatkan. Walaupun secara keseluruhan, tampilan dari 5 aplikasi tersebut masih jauh dari teori MindMap ang dikembangkan oleh Tony Buzan, namun secara fungsional aplikasi-aplikasi tersebut sudah bisa membantu dalam menciptakan peta pikiran kita sendiri.

0 comments:

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Powered by Blogger.